Mengapa Para Ibu Di Cina Berpaling Dari Operasi Caesar

kelahiran caesar bayi

Para dokter dan peneliti telah lama memperingatkan tingginya angka operasi caesar di seluruh dunia. Di antara negara-negara dengan tingkat operasi caesar yang tinggi, hanya satu yang berhasil berubah - Cina. Kisah bagaimana Cina berhasil di mana orang lain gagal adalah contoh tetapi juga agak meresahkan.

Kurang dari satu dekade lalu, Cina dikritik oleh Organisasi Kesehatan Dunia karena memiliki salah satu tingkat operasi caesar tertinggi di dunia. Namun kini banyak hal telah berubah dengan sangat cepat.

Angka C-section China masih dua kali lipat dari negara-negara Skandinavia dan nilainya naik - tetapi tingkat kenaikannya melambat. Dan yang luar biasa, kata para peneliti, angka-angka tersebut menunjukkan bahwa China berada di jalur yang tepat untuk membalikkan tingkat c-section-nya yang tinggi.

"China telah berhasil mengurangi tingkat pertumbuhan cesar ketika negara-negara lain seperti Brazil belum berhasil memecahkannya," kata Dr Susan Hellerstein, seorang profesor Universitas Harvard yang ikut menulis sebuah penelitian dengan para peneliti Universitas Peking, menganalisis lebih dari 100 juta kelahiran di Cina.

Bagian dari keberhasilan ini adalah investasi serius dalam perawatan persalinan dan kebangkitan budaya "kebugaran" di antara kelas menengah di kota-kota Cina - tetapi faktor kunci di sini adalah elemen hukuman, yang oleh para ahli khawatir wanita tidak benar-benar memiliki pilihan bebas ketika datang untuk melahirkan.

"Mengapa kamu mengatakan ini sekarang ketika kamu mengalami kontraksi? Leher rahimmu sudah melebar 4 cm [1,5in]. Operasi caesar buruk untukmu dan bayimu ... kamu tidak bisa mendapatkannya," seorang perawat tercatat mengatakan hal tersebut kepada seorang ibu yang memohon C-section, dalam sebuah studi tahun 2016 oleh peneliti University of Pennsylvania Eileen Wang.

Namun demikian, banyak yang mengakui bahwa itu luar biasa bagi sebuah negara yang mencatat 17,2 juta kelahiran hidup pada tahun 2017 untuk melakukan perubahan semacam itu - dan hal ini belum mampu direplikasi di tempat lain.
kelahiran caesar
Sumber: BBC

Jadi, apa yang salah dengan kelahiran caesar? Dalam banyak situasi, ini adalah prosedur yang menyelamatkan jiwa - tetapi juga berisiko dan, seperti operasi besar lainnya, pemulihan membutuhkan waktu. Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan terhadap hal itu ketika tidak diperlukan secara medis.

Beberapa tempat, seperti negara-negara Skandinavia, selalu memiliki tingkat cesar yang rendah dan mereka tetap rendah karena ini adalah budaya yang berlaku. Kesulitan muncul di negara-negara yang telah mencapai tingkat operasi Caesar yang sangat tinggi, seperti Brasil, dan ini terbukti sulit untuk diubah. Namun, dengan China, para peneliti menunjuk pada pembalikan tren yang sebenarnya terjadi dalam satu generasi. Sedangkan di Indonesia sendiri melahirkan secara caesar dianggap sebagai tren yang layak untuk diikuti oleh sebagian orang, terutama kalangan menengah dan menengah atas. Sebuah hal yang cukup memilukan bukan?

lahir caesar

Untuk menjelaskan hal ini, para ahli telah melihat semua jenis perubahan sosial yang signifikan, dari kebangkitan budaya kesejahteraan hingga dampak kebijakan satu anak. Tetapi satu faktor menonjol sebagai penentu: kekuatan negara.

Birokrasi kesehatan China mulai beraksi pada tahun 2001, ketika Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional menyoroti pengurangan tingkat operasi caesar sebagai prioritas nasional dalam rencana 10 tahun mereka, setelah sebuah makalah WHO menunjukkan tingkat negara itu pada 46%.

Sekarang ada kelas wajib kelahiran dan menyusui alami, pelatihan ulang bagi dokter untuk memperkuat keterampilan kebidanan dan lebih banyak lembaga pelatihan kebidanan.
Tetapi perbedaan yang paling mencolok dalam pendekatan Tiongkok dibandingkan dengan bagian dunia lainnya adalah seberapa ketat rumah sakit dimintai pertanggungjawaban atas tingkat operasi caesar mereka.

"Rumah sakit yang menawarkan pengiriman di suatu wilayah dibandingkan satu sama lain dan denda dikeluarkan jika target tidak terpenuhi," kata Dr Liangkun Ma, dokter kandungan senior di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Kedokteran Peking Union Medical College.

Hukuman lain termasuk menghubungkan subsidi negara dengan tarif C-section dan mencabut lisensi rumah sakit. Pada 2012, rumah sakit dengan angka seksio C tinggi di provinsi Hubei diberitahu akan ditutup dan "direformasi".
caesar di china
Sumber: BBC

Dr Ana Pilar Betrán dari WHO, yang mempelajari intervensi untuk mengurangi tingkat operasi caesar secara global, tidak mengetahui ada negara lain yang menghukum penyedia layanan kesehatan dengan tarif tinggi. Satu-satunya negara lain dengan kebijakan serupa adalah Portugal - tetapi di sana, rumah sakit diberi penghargaan karena tarifnya lebih rendah.

Dr Betrán mengatakan menetapkan tarif tertinggi dan menghukum penyedia layanan kesehatan adalah jalan yang "berbahaya" untuk dilakukan. "Nilai tukar tidak memberi tahu Anda jika wanita yang membutuhkannya mendapatkannya," katanya.

Bahkan di negara-negara di mana tingkat operasi caesar tinggi, wanita sekarat karena mereka tidak mengakses operasi penyelamatan jiwa ini. Di Peru, kata Dr. Betrán, tingkat operasi caesar di antara wanita terkaya adalah sekitar satu dari dua, tetapi hanya 5% wanita di segmen masyarakat termiskin yang dilahirkan melalui operasi caesar.

Perubahan dalam pedoman China telah mengambil pilihan dalam proses persalinan jauh dari ibu-ibu Cina, kata Dr Carine Ronsmans, rekan penulis studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) pada 2018.

"Bagian dari kebijakan pemerintah adalah sesuatu yang cukup unik untuk China dan sesuatu yang kita khawatirkan di Barat - yaitu dokter diizinkan untuk melawan kehendak wanita. Dalam pedoman hukum, bukan hanya pedoman klinis, dokter diberitahu mereka bisa bertentangan dengan keinginan wanita itu, "katanya.

Dalam satu kasus yang mendominasi tajuk berita lokal tahun lalu, seorang ibu hamil dalam persalinan, Ma Rongrong, melompat keluar dari jendela rumah sakit menuju kematiannya setelah ia menolak bedah Caesar. Baru-baru ini, seorang pria ditahan karena menyerang seorang profesional medis setelah istrinya ditolak operasi caesar.

Munculnya budaya kesehatan

Tapi ini tidak semua tentang iklim ketakutan dan penolakan. Para wanita dari kelas menengah yang sedang berkembang di Cina juga merupakan bagian dari perubahan ini dan membuat pilihan positif, didorong oleh negara.

Segera setelah dia tahu dia mengandung anak pertama, Daisy Lan berkata, dia telah mengkonsumsi informasi dengan rakus dan menyimpulkan bahwa kelahiran alami akan lebih baik untuknya dan bayinya. Namun, teman-temannya yang memiliki bayi sebelumnya, telah membuat pilihan yang berbeda.

"Beberapa takut akan sakit persalinan sehingga mereka memilih operasi caesar. Tapi sekarang semuanya berbeda," kata Lan.

Daisy Lan (kiri) adalah satu di antara jutaan ibu di Tiongkok yang menentang gelombang global kenaikan angka Cesar

"Para ibu China menginginkan kualitas hidup yang lebih baik dan ini berarti kehidupan yang lebih sehat dan kesadaran yang lebih besar tentang apa yang baik bagi mereka," kata Dr Liangkun Ma.

"Ini keinginan yang sama untuk hidup lebih sehat yang mendorong pasien untuk secara aktif mencari informasi tentang persalinan melalui aplikasi dan kelompok WeChat, yang meningkatkan kesadaran akan risiko yang datang dengan bedah Caesar," katanya.
Sebuah brosur di rumah sakit Shanghai berbunyi: "Menjadi alami adalah yang terbaik. Untuk calon ibu yang sehat, ketika Anda memilih makanan hijau, menghargai pemandangan alam, dan mengejar keindahan alam, mengapa tidak membiarkan proses pengiriman Anda menjadi lebih alami dan indah?"

Ms Lan mengatakan, mendidik dirinya sendiri secara online tentang pilihan untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan telah membantunya menyelesaikan kelahiran alami - itu dan kemungkinan bayi yang lebih pintar, sebuah klaim yang populer tetapi jelas tidak terbukti yang dibuat dalam blog pengasuhan anak di Cina.

Beberapa rumah sakit sekarang bahkan menyediakan lebih banyak terapi alternatif untuk menghilangkan rasa sakit ibu, seperti yoga, mindfulness dan musik.

Jadi, mungkin tidak mengejutkan bahwa fenomena ini paling dramatis di kota-kota besar Cina, di mana ibu-ibu berpaling dari pisau dalam jumlah besar, seperti studi tahun 2017 tentang 100 juta kelahiran di Cina yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association .

Namun masih ada kesenjangan yang lebar antara perkotaan dan pedesaan Cina. Fasilitas dan biaya yang meningkat telah secara luas melihat tingkat operasi Cesar meningkat di daerah pedesaan - tetapi di beberapa daerah tingkatnya tetap sangat rendah, ada kekhawatiran tentang kurangnya akses perawatan medis saat lahir untuk wanita yang membutuhkan.

Populasi China, di kota-kota dan di daerah pedesaan, telah dikontrol selama bertahun-tahun, jadi wajar untuk mempertimbangkan salah satu perubahan sosial terbesar China dalam beberapa tahun terakhir - penghapusan kebijakan satu anak - sebagai faktor lain yang mungkin mempengaruhi seksio tarif. Tetapi bukti untuk ini tidak dapat disimpulkan.

Sementara itu, perubahan lain pada hukum sekarang berarti pasien tidak perlu hanya membuktikan bahaya tetapi juga kelalaian dan penyebab agar suatu kasus hukum dapat dipercaya. Dan ini sangat penting di negara di mana dokter kandungan berisiko paling tinggi dituntut karena malpraktek medis.

Apa pun alasan di balik perubahan itu, Dr. Betrán mengatakan fokus ini semata-mata pada tingkat operasi caesar yang teralihkan dari tujuan akhir memberikan perawatan terbaik untuk ibu dan anak. Negara-negara Eropa Utara, yang secara konsisten mempertahankan tingkat operasi Cesar rendah, tidak mencapai hal itu dengan menggunakan kebijakan khusus untuk mempertahankan tarif tetapi dengan memastikan perawatan yang berkualitas, katanya.

"Kita harus berhati-hati untuk tidak kehilangan perspektif," katanya. "Apa yang terjadi ketika seorang wanita membutuhkan atau menginginkan operasi caesar [termasuk] karena alasan psikologis dan dalam seluruh atmosfer fokus operasi caesar ini, mereka tidak mendapatkannya?"

Pada akhirnya, kunci nyata untuk mengatasi tingkat pertumbuhan adalah untuk membujuk lebih banyak ibu yang baru pertama kali melahirkan secara alami, banyak yang berpendapat, dan penelitian di BMJ menunjukkan bahwa ini mungkin sudah terjadi.

Cina tentu saja jauh di depan permainan karena telah menerapkan pendekatan multi-cabang untuk mengurangi tingkat - tetapi perbedaannya adalah ancaman hukuman di balik kegagalan untuk mematuhi.

Ms Lan tidak dipaksa melahirkan secara alami, tetapi, katanya, dia tidak pernah benar-benar punya pilihan. Pada usia 34, dia telah menjadi ibu pertama yang lebih tua menurut standar China, katanya, dan teman-temannya yang melahirkan sebelumnya telah memberinya selamat atas keberaniannya menjalani kelahiran alami.

"Mereka diizinkan memilih tetapi sekarang berbeda," katanya.

Comments

  1. Proses melahirkan alami jadi diinginkan lagi, dan para ibu baru China lebih terbuka dalam memilih.

    ReplyDelete

  2. Kelinci99.org Situs Agen Judi Togel Online dan Live Game Terpercaya

    - Bonus Deposit 5rb Setiap Hari
    - Minimal Deposit Rp 20.000
    - Diskon Togel Terbesar Sampai 66%
    - Bonus Cashback 5% (Khusus Live Game)
    - Bonus Referral 1% ( Tanpa Batas )
    - Berapapun Kemenangan Anda Pasti Kami Bayarkan 100%
    - Anda Akan diLayani Selama 24 Jam Non Stop

    Kenyamanan dan Kepuasan Anda Menjadi Prioritas Utama Kami, Semoga Beruntung Bermain Bersama Kami di Kelinci99.org

    ReplyDelete

Post a Comment




Popular posts from this blog

Arti Garis Tangan Dan panduan Lengkap cara Membaca Garis Tangan

Siti Aisyah, Dibebaskan Oleh Pengadilan Malaysia Atas Tuduhan Pembunuhan Kim Jong-nam

Kylie Jenner Menjadi Miliarder Wanita Termuda Di Dunia

5 Daftar Makanan Paling Lezat Dan Terpopuler Didunia

Agnez Mo Dalam Daftar Nominasi Penghargaan Musik Dunia

Family Romance, Jasa Sewa Orang Dan Keluarga di Jepang

Ini nyata! Kecantikan Elf sebenarnya, Savanna Blade

Cleopatra Stratan 2018 Kembali Menyihir Dunia

Yuya, Vlogger Berusia 25 Tahun Yang Menghasilkan $ 100,000 Sebulan

Januhairy , Gerakan Wanita Untuk Menumbuhkan Rambut Tubuh