Siti Aisyah, Dibebaskan Oleh Pengadilan Malaysia Atas Tuduhan Pembunuhan Kim Jong-nam

Kabar gembira datang dari pengadilan Malaysia pada Senin (11/3) pengadilan telah memutuskan untuk membebaskan  Siti Aisya atas tuduhan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin Korea Kim Jong-un.
Siti Aisyah nasional Indonesia Indonesia tersenyum ketika meninggalkan Pengadilan Tinggi Shah Alam di luar Kuala Lumpur Foto: Mohd Rasfan / AFP / Getty Images

Kabar gembira datang dari pengadilan Malaysia pada Senin (11/3) pengadilan telah memutuskan untuk membebaskan  Siti Aisya atas tuduhan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin Korea Kim Jong-un.

"Siti Aisyah bebas," ucap hakim pengadilan Azmi Ariffin di pengadilan tinggi Shah Alam, Malaysia, seperti dikutip dari AFP.

Pembebasan terhadap Siti Aisyah ini sesuai dengan permintaan  jaksa, Muhammad Iskandar Ahmad. Namun dia tidak memberikan alasan permintaan tersebut di pengadilan.

"Dia bisa pergi sekarang," kata hakim lagi.

Siti Aisyah warga Indonesia dan seorang warga Vietnam Doan Thi Huong diadili atas pembunuhan Kim Jong-nam di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017 lalu. Menurut laporan pengadilan, kedua tersangka telah menggunakan bahan kimia berbahaya untuk membunuh Kim Jong-nam.

Pembela Siti Aisyah menyatakan bahwa wanita  asal Serang itu tidak mengetahui yang dilakukannya dapat menghilangkan nyawa Kim Jong-nam. Wanita 27 tahun itu mengaku telah diperalat oleh seorang pria Korea Utara, yang mengatakan kepadanya bahwa hal tersebut ditujukan untuk keperluan acara televisi. Atas tindakannya, Siti Aisyah dan Doang sempat terancam hukuman mati.

Bebasnya Siti Aisyah juga dibenarkan oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Indonesia Lalu Muhammad Iqbal.

"Alhamdulillah di persidangan yang baru saja berlangsung, Jaksa Penuntut Umum telah menyatakan 'menghentikan tuntutan terhadap Siti Aisyah'," kata Iqbal dalam pernyataannya pada awak media.

"Pengacara telah  meminta agar bukan hanya dihentikan tapi dibebaskan penuh. Namun Hakim memutuskan 'Discharge Not Amounting to Acquital' (tuntutan dihentikan dan Siti Aisyah dinyatakan bebas)," lanjut Iqbal.

Duta besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana menyatakan akan segera memulangkan Siti Aisyah kembali ke tanah air.

"Kami senang dengan keputusan pengadilan. Kami akan menerbangkan Siti kembali ke Indonesia hari ini atau secepatnya," kata Rusdi.

Comments

Post a Comment




Popular posts from this blog

Arti Garis Tangan Dan panduan Lengkap cara Membaca Garis Tangan

25 Negara Paling Cerdas di Dunia

Cleopatra Stratan 2018 Kembali Menyihir Dunia

Ini nyata! Kecantikan Elf sebenarnya, Savanna Blade

10 Cara Mudah Mempersiapkan Liburan Tanpa Stress

Daniela Aedo yang mampu membawa ingatan kita kembali pada masa belasan tahun yang lalu

Family Romance, Jasa Sewa Orang Dan Keluarga di Jepang

Kylie Jenner Menjadi Miliarder Wanita Termuda Di Dunia

10 Merek Cokelat Mewah Yang Harus Anda Coba

"Manusia Pohon" Harus Kembali Ke Rumah Sakit Dan Menjalani Operasi Lanjutan